KULIAH DI MASA PANDEMI

Pandemi yang belum kunjung mereda, membuat semua bagian pendidikan untuk update cara mengajar mahasiswa. Kuliah daring adalah solusi terbaik saat ini.

Meski tidak seefektif kuliah dengan tatap muka, namun kuliah daring bisa menyatukan mahasiswa dan dosen dimanapun berada.

Di awal kuliah daring mulai dilaksanakan, banyak permasalahan muncul, dari ketersediaan pulsa data/ kuota internet yang memberatkan bagi mahasiswa, belum lagi jika mahasiswa berasal dari daerah terpencil, hingga susah mencari sinyal, pun meksi seorang Dosen berada di kota besar dengan kuota dan sinyal yang tersedia, hilangnya sinyal secara tiba-tiba yang membuat koneksi terputus juga bisa saja terjadi.

Bahkan, bisa jadi karena komputer yang sudah usang pun bisa menjadi kendala, karena kompatibilitas yang sangat kurang hingga menghambat jalannya kuliah daring.

Dosen yang usianya lebih dari 50 tahun banyak mengalami kendala karena kurang dekat dengan teknologi.

Semua ini membuat anak sekolah, mahasiswa, guru dan dosen untuk mulai melek teknologi. Jika sudah melek teknologi, apakah sudah cukup? Belum tentu, karena dengan kuliah online, materi harus dibuat dan tampil secara menarik, jika tidak, kuliah daring akan terasa membosankan. (PD)